Kemampuan Metakognisi Menulis Mahasiswa Semester II STKIP YPM Bangko

Main Article Content

Agus satrian
Elfa Eriyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kemampuan metakognisi menulis mahasiswa semester baru STKIP YPM Bangko. Disain survey kuantitatif digunakan dengan melibatkan 71 sampel mahasiswa semester II STKIP YPM Bangko, yang berasal dari enam program studi. Data kemampuan metakognisi mahasiswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket skala Likert dengan empat skala. Dengan menggunakan analisis statistik deskriptif sederhana ditemukan bahwa kemampuan metakognisi menulis mahasiswa termasuk kategori Baik. Kemampuan metakognisi tertinggi ternyata pada aspek aspek evaluasi sesudah menulis, dan aspek terendah yaitu aspek pengetahuan tugas menulis.

Article Details

Section
Articles

References

Abidin. (2015). Metakognisi mahasiswa dalam memahami hakikat belajar, Jurnal Riset Pendidikan, 1 (1), 11-18
Ahangaria, S. Hejazi, M., & Razmjouc, L. (2014). The Impact of scaffolding on content retention of iranian post-elementary EFL learners’ summary writing. Journal of Social and Behavioral Sciences, 98, 83 – 89 http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.392.
Aktur, A. O., & Sahin, I. (2011) Literature review on metacognition and its measurement, Social and Behavioral Sciences, 15, 3731-3736. Retrieved from http://www.sciencedirect.com
Al-Qibtia, M. (2013). Hubungan kemampuan metakognisi dengan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2012/2013,Basastra, 2, (1). DOI. http://doi.org/10.24114/bss.v2i1.793.
Asriningsih, A. Saepuzaman, D. Ferranie, S.(2016). Penerapan Strategi metakognisi pada pembelajaran kooperatif untuk mengidentifikasi profil metakognisi siswa kelas X, Gravity, 2, (2), 166-177 diakses dari http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Gravity/article/download/1131/898
Anderson, L& Krathwohl. (2014). Pembelajaran, pengajaran dan asesmen. Pustaka Belajar : Yogyakarta
Dalman. 2016. Keterampilan menulis. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Eriyani, E. 2017. Optimalisasi kemampuan metakognisi mahasiswa kependidikan dalam upaya membangun daya saing bangsa. Prosiding Seminar Nasional dalam Rangka Hari Jadi ke 37 STKIP YPM Bangko Merangin 23 Desember 2017.Bangko: STKIP YPM Bangko.
Lloyd, M. (2007). Developing academic writing skills: the PROCESS framework. Jurnal Nursing Standard, 21, 40, 50-56. Retrieved from http;//www. ProQuest.com
Murtadho. (2013). Berpikir kritis dan strategi metakognisi: alternatif sarana pengoptimalan latihan menulis argumentasi.Jurnal Ilmu Pendidikan, 5, (15).
Nurjamal. (2011). Terampil Berbahasa. CV Alfabeta: Bandung.
Pujiank, S. Jamaluddin,Hadiprayitno, G. (2016). Kemampuan metakognisi mahasiswa program studi pendidikan biologi FKIP Universitas Mataram, Jurnal Pendidikan, 1, (10), 2016-2022. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i10.7413.
Rinaldi. (2017). Kesadaran metakognitif. Jurnal RAP UNP, 8,(1),.
Nurjamal. (2011). Terampil berbahasa. Bandung: CV Alfabeta.
Zsigmond, István. (2015). Writing es for fostering reading comprehension. Journal of Social and Behavioral Sciences, 180, 1698–1703. http://dx.doi.org /10.1016/j.sbspro.2015.05.073.