PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MATERI HIMPUNAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Awatif

Abstract

Dalam proses pembelajaran siswa mengalami kesulitan sehingga hasil belajarnya belum mencapai nilai maksimal, melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian Teras, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian Teras. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan objek penerapan model pembelajaran CIRC  pada materi himpunan dengan pokok bahasan Diagram Venn. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian  Teras  yang  berjumlah  36  orang.  Teknik pengumpulan data yaitu melakukan tes akhir dan observasi. Penelitian  dilakukan  sebanyak  dua  siklus.  Dari  hasil  penelitian  dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC pada pembelajaran matematika materi   himpunan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B MTs Swasta PPSMQ Titian Teras. Aktivitas siswa meningkat dari 33,33% pada siklus I menjadi 71,11% pada siklus II. Hasil belajar meningkat dari nilai rata-rata  64,58 pada siklus I menjadi 71,39 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat dari 63,89% pada siklus I, dan naik menjadi 86,11% pada siklus II, dengan demikian ketuntasan hasil belajar 85% siswa telah dicapai dengan nilai KKM yaitu ≥ 60.


Kata Kunci: Hasil Belajar, Cooperative Integrated Reading and Composition.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Awatif. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) MATERI HIMPUNAN. Mat-Edukasia, 5(1), 39-47. https://doi.org/10.3020/mat-edukasia.v5i1.298