Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Merangin

Main Article Content

Sri Utaminingsih

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Merangin Pelaksanaan penelitian direncanakan pada semester Ganjil (semester I) tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII C SMP Negeri 1 Merangin tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi dengan 3 kali evaluasi. Instrumen yang digunakan adalah esay sebanyak 5 soal, sedangkan teknik analisis datanya yaitu dengan statistik sederhana yaitu persentase dan rata-rata hasil belajar. Hasil penelitian pada siklus I di dapat rata-rata persentase secara keseluruhan aktivitas dalam belajar siswa adalah 73,19% sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa di dapat rata-rata persentasenya adalah 85,716%. Untuk hasil belajar siswa di dapat pada siklus I nilai rata-rata siswa 71,25, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa 81,07. Hal ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 9,82 artinya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP NEGERI 1 Merangin.

Article Details

Section
Articles