Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiry Terbimbing Pada Siswa Kelas XB MAN 2 Sungai Penuh Tahun Pelajaran 2017/2018

Main Article Content

Rodiantifitri Nengsih

Abstract





IPA terbentuk dan berkembang melalui suatu proses ilmiah, yang juga harus dikembangkan pada peserta didik sebagai pengalaman bermakna yang dapat digunakan sebagai bekal perkembangan diri selanjutnya Biologi sebagai salah satu bidang IPA menyediakan berbagai pengalaman belajar untuk memahami konsep dan proses sains. Keterampilan proses sains digunakan agar mereka menjelajahi dan memahami alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiry terbimbing. Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK) dengan memanfaatkan 4 (empat) tahap dalam PTK yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Pelaksanaan Tindakan dilakukan sebanyak 2 (dua) Siklus, setiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan proses pembelajaran 1 (satu) pertemuan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains dalam pembelajaran biologi sebanyak 17,57% begitupun hasil bejar siswa menunjukkan peningkatan sebanyak 28,67%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiry terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belaja siswa.





Article Details

Section
Articles