PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 28 MERANGIN

Main Article Content

Miska Jannah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi  pentingnya kompetensi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 28 Merangin. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuantitatif korelasional yang melibatkan 2 variabel yakni kompetensi guru (X) dan motivasi belajar (Y). Sampel penelitian ini 47 orang siswa. Instrumen yang peneliti gunakan dalam mengumpulkan data berbentuk, kuesioner, dan dokumentasi. Pada analisis data peneliti menggunakan statistik deskriptif berupa Tingkat Capaian Jawaban Responden (TCR), uji normalitas data, uji linieritas, analisis regresi sederhana dan uji hipotesis.Hasil analisis data menunjukkan pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 28 Merangin tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil perhitungan koefisisen regresi linier sederhana, dengan t hitung (-1,375) < t tabel (2,021). Dengan kesimpulan diperoleh hasil bahwa kompetensi guru tidak memiliki pengaruh yang sigifikan terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 28 Merangin.


 

Article Details

Section
Articles

References

A.M. Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Agus (2013) Statistika Terapan jakarta :PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI.
Arikunto (2006) Prosedur Penelitian Jakarta: Anggota IKAPI No. 112/DKI/90.
HamzahB.UnoNina Lamatenggo (2016)Tugas gurudalam pembelajranaspek yang mempengaruhi JakartaPT BumiAskara
Mahmud (2011) metote penelitian pendidikan Bandung : Anggota IKAPI Cabang Jabar.
Mikha Agus Widyanto. (2013). Statistika Terapan Jakarta : kelompok anggota Ikapi
R.Gunawan Sudarmanto (2013) Statistik Terapan Bisnis Komputer Jakarta : mitra Wacana.
Riduwan(2009)PengantarStatistika. Bandung Alfabeta.
Ridwan (2009) Metode Teknik & Menyusun Proposal Penelitian bandung : ALFABETA, cv.
Sarinah dan Mardalena. (2017). Pengantar Manajemen, :Grup Penenerbit CV BUDI UTAMA (Anggota IKAPPI).
Saudagar dan Idrus. (2005). Pengembangan propesionalitas guru, Jakarta : Gaung Persada (GP Press).
Sudarmanto(2013)StatistikTerapan jakarta:mitrawacana media.
Sugiyono ( 2007)Metode Penelitian Bisnis BandungAlfabeta, cv IKAPI.
Sugiyono (2010) Statiska untuk penelitian bandung: ALVABETA Anggota Ikatan penerbit Indonesia(IKAPI).
Sugiyono (2012) metode- metode yang di pertanggung jawab materinya .jakarta :anggota IKAPI
Sugiyono(2012). MetodePenelitian Pendidika (Pendekatan Kuantitati Kualitatif, dan (R&D)Bandung : Alfabeta.
Suyanto dan Djihad. (1990). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Propesional, Jakarta : MULTI PRESSINDO.
Undang-Undang RI 20 Tahun 2003. Sistem pendidikan nasional (SISDIKNAS).
Uno dan Lamatenggo. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Yamin dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru, Jakarta : Gaung Persada (GP Press).
Yamin. (2003). Strategi Pembelajaran Berbasis Komputer, Jakarta : Gaung Persada Press.