EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 10 MERANGIN

Main Article Content

Frandy Suntoro

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hal ini diduga karena kurang bervariasinya model pembelajaran yang di aplikasikan oleh guru. Tujuan  penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 59 siswa. Hasil analisis data pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata adalah 76,2 dan pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata adalah 64,76. Hasil uji hipotesis dengan uji-t, diketahui bahwa thitung = 4,042 dan ttabel = 2,002 pada taraf signifikansi 0,05. Jadi, 4,042 ≥ 2,002, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti Model pembelajaran kooperatif tipe Pair Check lebih efektif dari model pembelajaran  konvensional siswa kelas VIII SMPN10 Merangin tahun ajaran 2019/2020

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, Ratna. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Media.
Hernawan, Asep Herry, dkk. 2009. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Irianto, Agus. 2014. Statistik Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Kusnadi. 2018. Metode Pembelajaran Kolaboratif. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Lisdarsih, Dayang Weni. 2016. “Pengaruh Model Pair Check Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah”. (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17500&ved=2ahUKEwjN56W0ubHjAhWKdn0KHatDC5AQFjABegQIBhAB&usg=AOvVaw1JY6AfXlnD2zhrdcpuweoY, diunduh 21 Juni 2019).
Musdika, Djamarah, dkk. 2011. Model Pembelajaran Yang Efektif. Jakarta: Pustaka Media.
-------------------. 2012. Model Pembelajaran Yang Efektif. Jakarta: Pustaka Media.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Prayogo, Anggara. 2010. Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif dan Menyenangkan. Jakarta: Pustaka Media.
------------------------. 2011. Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Efektif, Dan Menyenangkan. Jakarta: Pustaka Media.
Romadhoni, Sarif. 2014. Efektivitas Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMK YPKK III Sleman. UNY: Yogyakarta.
Sinar. 2018. Metode Avtive Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Siska, Yulia. 2016. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Garudhawaca.
Solichin, Endang, dkk. 2018. Panduan Penulisan Skripsi. Bangko: STKIP YPM Bangko.
Suyono & Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdadakarya Offset.
Taniredja, Tukiran, dkk. 2013. Model-model Pembelajaran Inivatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.