PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR (STUSI KASUS : PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN, KECERDASAN EMOSIONAL DAN HASIL BELAJAR)

Main Article Content

Silvia

Abstract

Penelitian ini di lakukan dengan metode dekriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang di peroleh adalah sebagai berikut : pada variabel media pembelajaran (X1) terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara media pembeljaran dengan hasil  belajar. Nilai konstanta sebesar 37,401 dengan nilai Thitung 1710>1,684 dengan nilai sig  0,95>0,05. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang tidak signifikan  antara media pembelajaran dan  hasi belajar.  Sedangkan pada variabel kecerdasan emosional (X2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Dengan Nilai konstanta sebesar 37,401  dengan Thitung 3,732>1684 dengan nilai signifikan 0,01<0,05. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Pada  variabel media pembelajaran terdapat nilai R squer sebesar 0.176 atau sebesar 17,6% Sementara sisanya 0,824% berupa kontribusi dari faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini sedangkan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar terdapat nilai R Squer sebesar 0,344 atau sebesar 34%. Sementara sisanya 0,656% berupa kontribusi dari faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Sedangkan pada variable media pembelajaran (X1) dan kecerdasan emosional (X2) terhadap hasil belajar terdapat  nilai R squer sebesar 0,358 atau sebesar 35,8% sementara sisanya 0,642% berupa kontribusi dari factor lain yang tidak terdapatdalam penelitian ini.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto. 2010. Prosedurr penelitin. Jakqrta: PT . rinekaciptaMudijiono.2009. belajar dan pelajaran. Jakarta: cipta karya muhammad. 2011. Metode penelitian penduidikan. Bandung CV pustaka setia
Tri Yulianti, herkulana, achmadi. 2009 , pengaruh penggunaan media pembelajran terhadap hsil beljar slswa padq mta pelajarn ekonomi. Progran study pendidikn ekonoml pontianak
Repository (2020). Kecerdasan emosional. Jambi. Universitas jambi
Arsyad, Azhar. (2011) media pembekajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asnawir dan Usman. (2002) Media pembelajaran. Padang: ciputat perst, hhtp://yuni-wijaya.blogspot.com/2010/05/penggunaan-media-dalam pembelajaran.htmlsteffi Batam
Dedek luky saykti dan Muhsnatun siasah masruru (2015) tentang pengaruh media limgkungan dan kecrdasan emsional terhadqp hasiI blajar lps smp. Universitas negri yogyakarta
Khoirul anam (2015). Pengqruh meddia pembelajrn terhadap minat belajar siwa pada mala pelajaram PAl dl SMP Bqni Muqimah Bngkalan.surabaya, fakultas agama lslam, UMSurabaya
Hamm dani (2011). sttegi belajar mengajar. Bamdung. PT Pustqka setia
Dr. Purwanto, M.Pd (2014). Evaluasi hasil belajr.yogykartaDr. Dimyati Dan Drs. Mudjiyono (2006). Blajar Dqn Pembelajaran. Jakarta: PT Rneka Cipta Prayoya, Anggara. (2010) Strtegi pmbelajran iktif efektif, anovatif, efektif dan menyenngkan. Jakarta: pustaka media
Dr. Rtna dewi, M.Pd, Phd Dkk (2009). Model dan strategi pembelajran ektiv. Jakarta.perpustakaan media projek.