PENGARUH POSITIONING PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KARTU PASCABAYAR TELKOMSEL DI GERAI GRAPARI BANGKO

Main Article Content

Sari Rahmadani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dalam bidang bisnis telekomunikasi PT Arifindo dibawah naungan  Telkomsel adalah penyedia jasa layanan telekomunikasi yang memeiliki jumlah pelanggan terbanyak  da terbesar di Indonesia. Hal ini karena Telkomsel memiliki jaringan terluas dan hingga ke seluruh dunia. Sebagian masyarakat lebh banyak menggunakan produk telkomsel dalam mencari berbagai kebutuhan di internet. Adapun maksud dan tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui serta mendeskripsikan suatu positioning produk serta pengaruhnyaterhadap keputusan untuk membeli bagi konsumen kartu pascabayar Telkomsel di gerai grapari Bangko. Dari hasil penelitian diketahui ada hubungan garis yang menunjukkan linier atau lurus dan signifikan variabel Positioning Produk (X) dan variabel Keputusan Membeli (Y). Berdasarkan  perhitungan statisktik dengan menggunakan SEMPLS besarnya pengaruh Positioning produk terhadap keputusan pembelian konsumen kartu  pascabayar Telkomsel di Gerai Grapari Bangko diperoleh nilai T Statistik sebesar 1,313. Hal ini menunjukkan hasil lebih besar dari Original Sample (O) atau 0,822< 1,313. Dan berdasarkan struktur Inner Model menunjukkan angka positif yang artinya terdapat pengaruh significant, dengan demikian terdapat pengaruh Positioning produk terhadap keputusan pembelian konsumen kartu  pascabayar Telkomsel di Gerai Grapari Bangko. Diharapkan Grapari Telkomsel dapat memberikan tambahan pengetahuan terhadap karyawan sehingga menjadi bekal bagi karyawan sebagai knowledge,  sehingga dapat meningkatkan jumlah keputusan konsumen dalam pembelian kartu pasca bayar Telkomsel

Article Details

Section
Articles

References

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Satu Nusa
Iskandar. 2008. Metode Penelitian Pendidikan dan sosial. Jakarta : GP Press.
Ferdinand.2000. Strategi Pemasaran. Bandung: Satu Nusa
Kottler, Philips. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
........................, 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Mustain Hasma Laely. 2012. Analisis Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Kepuasan Pembelian Konsumen Starbuck Coffee di Makassar. Jurnal: Univesrsitas Hasanudin Makassar
Pratama Aldon. 2012. Analisis Pengaruh Strategi Positioning terhadapa Keputusan Pembelian. Skripsi: Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Sugiyono.2007. Statistika Penelitian. Bandung. CV. ALFABETA
Sugiono.(2010), Metode Penelitian. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Widiastuti, nilam. (2017). Pengaruh Promosi, Lokasi dan Harga terhadap minat beli konsumen roxi mandoga. Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanan Bogor.
Debora, Risna dan Meyzi heriyanto. (2015). Penggaruh Promosi dan Miat Beli Konsumen. Universitas Riau. Vol. 2 No. 2.