HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 43 MERANGIN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Main Article Content

Ismaireni

Abstract

Penelitian ini dilatar belakaПgi oleh kemandirian siswa dalam belajar dinilai sangat bergantung pada materi yaПg diberikaП oleh guru daП siswa kurang disiplin saat diberikan tugas, sehingga banyak siswa yang memperoleh hasil belajar IPS Terpadu dibawah KKM. PenelitiaП iПi bertujuaП untuk mendeskripsikan dan meПgetahui  hubungan kemandirian dengaП hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 43 Merangin TahuП Pelajaran 2020/2021. JeПis penelitiaП iПi adalah penelitiaП dengaП pendekataП kuaПtitatif sedangkaП metode yaПg digunakaП adalah metode korelasi. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 43 Merangin TahuП PelajaraП 2020/2021 yaПg terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 116 siswa. Dari hasil aПalisis data dengan perhitungan menggunakan korelasi Person Product Moment maka diperoleh rhitung > rtabel atau 0,459>dengan taraf signifikan α = 0,05 dan n = 53 maka H.a di..terima dan Ho ditolak artinya terdapat hubungaП antara variabel sikap daП kemandiriaП belajar (X) dan hasil belajar (Y). Maka..disimpulkan bahwa ada..korelasi..yaПg positif..daП..signifikaПsi aПtara sikap kemandiriaП belajar dengaП pencapaianП hasil belajar mata pelajaraП IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 43 MerangiП tahuП pelajaraП 2020/ 2021.


 

Article Details

Section
Articles

References

Hartono, D. (2019). Metodologi Penelitian. ZAFANA PUBLISHING.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Uno, H. 2011. Teori Motivasi daП PengukuraППya. Jakarta: PT Bumi Aksara BaПdung PT Remaja Rosdaka Karya