PENGARUH KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA N 19 MERANGIN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Article Content

Roby Arif

Abstract

Kepribadian guru kemampuan guru mencerminkan kepribadian yang, serta jadi panuatan bagi peserta didik.Dari fakta yang dapat pada saat  dilapangan kepribadian guru terlihat dari bersikap guru dan pengetahuan guru dalam menggunakan media masih rendah.Oleh karena itu, salah satu tujuan si peneliti melihat seberapa besar pengaruh  yang dimiliki  variabel tersebut Kepribadian guru terhadap Motivasi belajar siswa SMA N 19 Merangin. m motivasi belajar suatu dorongan dari tenaga pendidik yang diberikan kepada siswa guna demi semangat belajar. Dari fakta dilapangan terdapat indikator Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar,dan Adanya hasrat dan keinginan ini berhasil masih rendah.Metode yang dipergunakan peneliti ini metode kuantitatif korelasional  orang teliti siswa kelas X SMA N 19 Merangin.Dengan proses Pengumpulan data dengan menggunakan angket/kuisoner berikan kepada responden berupa daftar pertanyaan tentang Kepribadian guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa.analisis  data diatas  bahwa koefisien regresi 0,10,976 dengan diterminasi koefisien R Square 0,230. Diperoleh t hitung 3,751 ≥ t table = 2,021. dapat simpulkan adanya pengaruh yang signifikan,variable X dan Y. Dengan kata lain t hitung≥ t table  atau Ha diterima Ho ditolak.


 

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktik
Jakarta: Rineka Cipta.
Astria Hijriani 2016 Vol. 11 No. 2, September 2016 Implementasi Metode
Regresi Linier Sederhana Pada Penyajian Hasil Prediksi Pemakaian Air Bersih PDAM.
Daradjat, Zakiah. 1980. Kepribadian Guru. Jakarta : Bulan Bintang.
Dimyati, Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta :PT Rineka Cipta.
Djamarah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2007. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Hamzah B. Uno 2008. Teori Motivasi & Pengukuranya. Jakarta : PT Bumi
Aksara.
Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : Gaung Persada Press.
Mustaqim dan Wahid, Abdul, 2003.Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta
M.Djazari . 2013 Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing Dan Knowledge
Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise Uny.
Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan PenelitiPemula. Bandung : Alfabeta.
Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Supriyadi. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta : Cakrawala Ilmu.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono, 2010 , Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung
Suharsimi, Arikunto. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuntitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
. 2008. Model pembelajaran, menciptakan proses belajar mengajaryang Kreatif dan Efektif, Jakarta. Bumi Aksara.
Usman, Moh. Uzer. 2004. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset
Yamin, Martinis. Dan Maisah. 2010. Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta : Gaung Persada Press.
Yusuf, Syamsu. Dan Nurihsan, Juntika. 2008. Teori Kepribadian. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Persfektif
Perubahan. Jakarta : Bumi Aksara.
Rizky Primadita Ayuwardani. 2018 Pengaruh Informasi Keuangan Dan Non
Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering.
Tukiran Taniredja, hidayati mustafida. 2012 Penelitian Kuantitatif.
Jakarta : Alfabeta.