PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 15 MERANGIN TAHUN AJARAN 2020

Main Article Content

Sarinah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya pengaruh kompetensi guru  terhadap motivasi belajar di SMA  Negeri   15 Merangin belum optimal dan mengakibatkan kompetensi Guru  belum sesuai yang di inginkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaiman pengaruh kompetensi guru  terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri  15 Merangin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel adalah Siswa kelas X SMA N 15 Merangin. Penarikan sampel yaitu dengan menggunakan total sampling. Hasil Regresi Sederhana nilai sig 0.000 < 0.05, dan persamaan regresi sederhana Y = 19,586 + 0,355X, yang artinya Ho diterima dan Ha ditolok yaitu terdapat yang signifikan antara kompetensi guru  terhadap motivasi belajar artinya kontibusi variabel kompetensi guru terhadap variabel motivasi belajar 11,8% Sisanya 89,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang bukan menjadi variavel penelitian ini,  pembahasan penelitian. Maka kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan kompetensi guru  terhadap motivasi belajar di SMA  Negeri   15 Merangin. Disarankan kepada Guru agar dapat menumbuhkan motivasi  agar  bisa relevan antara teori kemudian sesuai dengan apa yang dirapakan.

Article Details

Section
Articles

References

Daryanto, 2010. Belajar Dan Mengajar, Bandung: Yrama Widya.
Departemen Agana Ri, 2006. Undang-Undang Dan Peraturan Pemerintah Tentang Pendidikan: Jakarta.
.Dimyati Dan Mudjiono, 2009. Belajar Dan Pemblajaran, Rinekacipta.
E. Mulyasa. 2011 Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung Remaja Rosdakarya.
Iqbal Hasan, 2002 Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Inonesia
Sugiono, 2009 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R Dan D Bandung, Alfabeta