PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG KEMASAN MEREK BIMOLI DI DESA SUNGAI ULAK KECAMATAN NALO TANTAN

Main Article Content

M.Goval Ibnu Hibban
Elvina Safitri

Abstract

 Penelitian tersebut menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasional dan dilatarbelakangi adanya hubungan yang signifikan antara pengaruh faktor psikolgosi konsumen terhadap keputusan pembelian. Variabel dalam penelitian ini ada dua variabel, variabel faktor psikologis konsumen dan keputusan pembelian. Sampel yang peneliti libatkan dalam penelitian ini adalah 96 orang dengan teknik non probability sampling. Instrument dalam penelitian tersebut dalam pengumpulan data berbentuk angket/koesioner.Rumusan dalam penelititian ini yaitu adakah pengaruh yang signifikan antara faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian minyak goreng kemasan merek bimoli di desa sungai ulak kecamatan nalo tantan. penelitian ini menggunakan uji signifikansi (Uji t) menyatakan bahwa adanya pengaruh faktor psikologis konsumen terhadap keputusan pembelian. nilai t  hitung dalam penelitian ini (12,289) melebihi dari t tabel (1,984).  Nilai signifikansi dalam penelitian tersebut  0,05. Jadi hipotesis nol (Ho) tersebut ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima dalam penelitian ini. Kemudian nilai korelasi tersebut  menjelaskan hubungan antara faktor psikologis konsumen dengan keputusan pembelian sangat berhubungan. Lalu, nilai R Square dalam keputusan pembelian sekitar 0,616 (61,6%).

Article Details

Section
Articles

References

Teguh Budiarto. 1993. Dasar Dasar Pemasaran, Jakarta: Gunadarma. Onny fetriana Sitorus, Novelia Utami. 2017. Buku Ajar Strategi Promosi Pemasaran, Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Dr.Budi Rahayu Tanama Putri. 2017. Manajemen Pemasaran, Denpasar: Universitas Udayana .
Rini Dwi Astuti, Agustina, Riyanti (Tim Ub Press). 2012. Ilmu Perilaku Konsumen. Malang : Universitas Brawijaya Press (UB press).
Siro Kadarwati, Mohammad Maskan. 2018. Pengaruh Variabel Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Merek Sania. Administrasi Niaga,1 (2): 18-19.
M.Bukhori, Tutik Ekasari. 2017. Faktor Faktor Yang Dipertimbangkan Dalam Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Pada Ibu Rumah Tangga Desa Kebonagung Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. Dosen STIE Asia Malang, 11 (2): 11-20.
Pinem, Rosalina. 2018. Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kain Di Pajak Ikan Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Frizky Dwinada. 2012. Analisis Faktor Faktor Keputusan Pembelian Minyak Goreng Kemasan Merek Bimoli (Studi Kasus : Ibu Rumah Tangga Di Kota Bogor). Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Andriyas Jhonricart, 2017. Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kamera DSLR Merek Nikon Di Purworejo, Purworejo : Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Mardalena, Sarinah, dkk. 2018. Panduan Penyusunan Skripsi Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan ( STKIP ) YPM Bangko.
Fifyanti Ghanimata. 2012. Analisis Pengaruh Harga,Kualtias Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pembelian Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Semarang: Universitas Diponergoro.
Fauzan Muhammad Arkan. 2017. Analis Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan kuantitatif, Yogyakarta : CV . Pustaka Ilmu/
Syahrum, Salim. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung : Citapustaka Media
Sunarto. 2018. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S. Universitas Gunadarma Vol.v, No 1 April 2018 ; 36-37.
Muhammad Rheindra Dinawan. 2010. Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Semarang Vol.IX, No 3 2010 ; 335- 369