PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGUNAKAN MODEL KOOPERATIF LEARNING STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS VIII SMP N 4 MERANGIN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Main Article Content

Yunita Sari

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar mengakibatkan belum optimalnya hasil belajar yang didapatkan oleh siswa, siswa kurang memperhatikan pembelajaran saat proses belajar mengajar, siswa kurang bersemangat untuk belajar, factor lain banyaknya siswa perkelas 32 membuat tidak terkontrolnya kelas, variasi model pembelajaran yang digunakan guru masih menggunakan kovensional (Metode Ceramah) . Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui tingkat signifikan dan Perbandingan Hasil belajar IPS mengunakan model kooperatif  Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) siswa kelas VIII SMP N 4 Merangin tahun pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini membandingkan dua variable yaitu hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT). Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 4 Merangin yang berjumlah 10 kelas. Teknik pengambilan sampel mengunakan simple random sampling dengan cara pengundian nomor dengan keterangan data normalitas dan homogen maka sampel terpilih pada  kelas VIII A dan VIII D. Instrument penelitian menggunakan teknik tes tertulis berbentuk soal uraian . teknik pengelolahan data mengunakan teknik uji t.Dari analisis data yang dilakukan terhadap tes akhir dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen 1 menggunakan model kooperatif Learning Numbered Head Together yaitu sebesar 81,28, sedangkan pada kelas eksperiment 2 menggunakan model kooperatif Learning Student Teams Achievement Division (STAD) yaitu sebesar 64,90. Maka dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbandingan hasil belajar IPS Menggunakan model Learning Numbered Head (NHT) dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) Siswa kelas VIII SMP N 4 Merangin.

Article Details

Section
Articles

References

Djamarah,dkk. 2014. Paradigma Pembelajaran Efektif. Jakarta : Pustaka Media
Hanifah Kusumawati. Perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif NHT dan STAD ditinjau dari hasil belajar siswa
Muhamadi,dkk, 2011.Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang : Sukabina Press
Nur Halimah. 2017. Perbedaan pengaruh model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v sd
Purwanto, 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Prawironegoro, praktiknya. 1985. Evaluasi Hasil Belajar Khusus Analisis Soal Bidang Studi Matematika.Jakarta : Departemen P dan K.
Solichin,Endang,dkk. 2018.Panduan Penulisan Skripsi.Bangko : STKIP YPM Bangko
Riduwan.2010. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti pemula. Bandung: ALFABETA.
Susetyo, Budi. 2010. Statistik untuk Analisis Data Penelitian. Bandung : PT.Refika Adiatama.
Suprihanigrum, 2016. Strategi Pembelajaran. Jogjaakarta : Ar-Ruzz Media
Slameto, 2010.Belajar dan Faktar-Faktar Yang Mempengaruhi.Jakarta : Rineka Cipta
Sagala, 2003.Konsep dan Makna Pembelajaran.Bandung : Alfabeta
Sugiono, 2011. Metode Penelitiaan Pendidikan. Bandung:
Sudijono, 2007.Evaluasi Pendidikan. Jogjakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Trianto, 2009.Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta : Kencana
Taufina taufik dkk, 2011.Mozaik Pembelajaran inovatif.Padang : Sukabina Press
Toroziduhu Waruwu, 2018. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif TipeNHT dengan Tipe STAD terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas x SMA NEGERI 1 MORO’O