PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 4 MERANGIN TAHUN AJARAN 2019-2020

Main Article Content

ARMILA ARMILA

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Belajar trhadap Hasil belajar IPS siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Merangin. Semakin bagus Lingkungan Belajar maka semakin tinggi hasil Belajar Siswa. Selain itu diperoleh nilai t hitung sebesar 6.025 > t tabel 2.035 dengan taraf signivikansi di bawah 5% sehingga dapat disimpulkan bahwa Lingkungan Belajar memberikan pengaruh positif dan signivikan terhadap Hasil belajar IPS siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Merangin tahun pelajaran 2019-2020. Besarnya sumbangan epektif Lingkungan Belajar terhadap Hasil belajar IPS siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Merangin yaitu sebesar 53,9%. Saran dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, sekolah dan guru perlu mengkondisikan agar Lingkungan Belajarnya mendukung untuk proses belajar misal dengan menyiapkan ruang belajar yang tenang apabila kondisi tidak memungkinkan siswa sebaiknya mengubah pola belajarnya di pagi hari saat suasana sekolah dalam keadaan tenang agar dapat berkonsentrasi dengan baik.


 

Article Details

Section
Articles

References

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bummi Aksara. Jakarta.
Sugiyono. 2013. MetodePenelitian Pendidikan Pendekatan KuaПtitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Purwanto, Ngalim. 2014. Prinsip-prinsip danTeknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rohani. 2004. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Shadiq, Fadjar, 2009. KemahiraП Matematika, DepartemeП PendidikaП NasioПal. Direktorat JeПderal PeПingkatan Mutu PeПdidik DaП TeПaga KependidikaП.
SudjaПa, NaПa . 2009. PenilaiaП Hasil Proses Belajar MeПgajar. BaПdung : PT. Remaja Rosdakarya