PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN PERPAJAKAN DI SMK NEGERI 1 MERANGIN

Main Article Content

Abimanyu Adiputralistanto

Abstract

Pendidikan karakter yang terjadi akan adanya peningkatan motivasi siswa dalam meraih prestasi akademik yang hal ini juga adanya meningkatkan motivasi siswa dalam meraih akademik maka hasil belajarnya juga akan meningkat. Didalam ini akan Pendidikan karakter di dasari dari indikator-indikator motivasi yang meliputi: Disiplin,Percaya diri,kerjasama, hormat dan santun,tanggung jawab. Saya akan meneliti siswa seluruh kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Merangin tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan metode dan teori jenis penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Korelasional. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel yang digunakan Total Sampling yang berjumlah 65 siswa.Hasil penelitian dari regresi linier sederhana dapat dijelaskan bahwa pendidikan karakter  mempengaruhi hasil belajar secara langsung sebesar 0,051 atau 51 % dengan constanta 69.330. selain itu rata-rata TCR pendidikan karakter yaitu 34,2  dan meannya 3,00, hasil belajar memiliki mean 72,92, Std devision adalah 6.278 dan N= 65. Koefisiensi sebesar 051 Pendidikan Karakter bernilai positif. menggunakan hipotesis uji-t diperoleh t  table 2,000 diatas diperoleh nilai t sebesar 2.387> t table 2,000 maka disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga bunyi dari hipotesis adalah adanya  pengaruh variabel (X) terhadap (Y).

Article Details

Section
Articles

References

Prof.Dr.Sugiyono (Ed). (2013). Metode Penelitian Kombinasi. bandung: alfabeta.
Prof.Dr.H.E. Mulyasa(Ed), manajemen pendidikan karakter (Hal 223) jakarta: PT Bumi Aksara 2018
Dr.Dharma Kesuma,Dkk (Ed). 2011. Pendidikan karakter kajian teori dan praktik disekolah. bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Dr. Bambang Samsul Arifin, M.Si dan Dr. H.A Rusdiana,Drs,M.M .( 2019) Manajemen pendidikan karakter. Bandung : CV PUSTAKA SETIA
Moh. Zaiful Rosyid,dkk(Ed).2019. Prestasi belajar. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi
Dr. Lidia Susanti (Ed) 2019, Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik, Malang: CV Literasi Nusantara Abadi
Drs. Syaiful Bahri Djamarah 2012, Prestasi belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional
PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DAN DRIYARKARA Agam Ibnu Asa Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun IX, Nomor 2, Oktober Universitas Gadjah Mada Yogyakarta 2019: 247
Eleonora Yosefa Suwasti, 2016 . jurnal Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kelangsungan Hidup Melalui
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta: Rineka Cipta.
Kelompok Pekerjaan Rumah Dengan Treatment Direct Instruction Di Kelas 9d SMP N 2 Ungaran Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016 : JPK 2 (1) (2016):42-54 Jurnal Profesi Keguruan https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Duwi Priyatno 2016, SPSS HANDBOOK, Jakarta : PT Buku Seru
Dr. Endang Solichin, M,Si. Dkk. 2013. Panduan Penyusunan Skripsi. STKIP YPM Bangko.