PERBANDINGAN PEMBELAJARAN MEDIA EDMODO DENGAN MEDIA KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STKIP YPM BANGKO

Main Article Content

MIRSADI ALEXSI
ENDANG SOLICHIN
MUHTAR DAHRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar mahasiswa ekonomi STKIP YPM Bangko yang menggunakan media edmodo dengan media konvensional. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis uji beda, dengan data menggunakan SPSS 20, dengan populasi mahasiswa ekonomi angkatan 2015 dan angkatan 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pembelajaran edmodo bisa meningkatkan hasil belajar mahasiswa dibandingkan dengan media konvensional. Pengumpulan data menggunakan dokumen nilai hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa media edmodo bisa meningkatkan hasil belajar mahasiswa dibandingkan dengan media konvensional,  dibuktikan dengan hasil statistik uji beda yang sudah dilakukan dengan hasil bahwa ttabel = 6,197, Jadi 3,206 ≤ 6,197 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti model pembelajaran dengan menggunakan media edmodo lebih efektif dari media konvensional pada mahasiswa ekonomi STKIP YPM Bangko.

Article Details

Section
Articles

References

Ali Mushon,dkk. 2015. Prosiding Seminar Nasional, Profesional Pendidik Dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan Di Indonesia
Beni Harsono, Soesanto, Samsudi. 2009. Dalam Jurnal : Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran (edisi kedua). Penerbit Gava Media. Yogyakarta.
Harjanto. 2006. Perencanaan Pengajaran. Penerbit Reneka Cipta. Jakarta
Lidia Susanti. 2019. Dalam Buku Prestasi Belajar Akademik dan Non Akademik.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta Cv. Bandung
Suryabrata. 2010. Metodologi Penelitian. Penerbit PT Rajagrafindo Persada.
Tri Kurniawati. 2012. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Akutansi Terhadap Prestasi Belajar Akutansi Siswa Kelas IX Program IPS SMA Negeri 1 Pleret.