PENGARUH KEPEMIMPINAN GURU DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA N 17 MERANGIN

Main Article Content

MAINDA INDRA LESTARI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepemimpinan dan kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA Negeri 17 Merangin tahun pelajaran 2019/2020, baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, XI dan XII IPS sebanyak 61 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan teknik analisis data regresi linear berganda menggunakan program IBM SPSS 20. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa kepemimpinan guru berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa sementara itu kemampuan komunikasi guru tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Selanjutnya secara simultan kepemimpinan dan kemampuan komunikasi guru berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien R-square motivasi belajar sebesar 18,4% yang menunjukan besaran pengaruh yang diterima variabel kepemimpinan dan kemampuan komunikasi guru. Artinya terdapat indikasi adanya pengaruh variabel lain dalam menentukan motivasi belajar siswa sebesar 81,6% yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsini. 2014. Prosedur Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta. Muhsin. 2008. Pengaruh Kepemimpinan dan Komunikasi Guru Terhadap Motivasi
Belajar. Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang.
Santoso, Singgih. 2006. Solusi Bisnis Berbasis TI Menggunakan SPSS Untuk Statistik Parametrik, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sardirman. 2006. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Penerbit Alfabeta