PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS XII IPS DI SMA N 15 MERANGIN

Main Article Content

ANDRI PRANATA

Abstract

Penelitian ini betujuan umtuk mengetahui pengarruh lingkunga kluarga terhadaf hassil blajar ekonomi sisua kelas XII Ips di SMA N 15 Merangin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Ex-Post Facto. Sampel pada penelitian ini berjumlah 33 siswa dengan bentk penelitiyan pophulasi. Bedasarkan hasil uji T  diketahui nilai thitung lingkungan keluarga (X) sebesar 5.414. Sedangkan nilai ttabel dengan taraf nyata (α) = 0,05, sebesar 2,035. Sehingga nilai thitung lingkungan keluarga (X) sebesar (5.414)  > ttabel (2,035) yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian variabel lingkungan keluarga (X) mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar (Y). Berdasarkan pengaruh lingkungan keluarga sebesar 32,9% yang menunjukan besaran pengaruh atau kontribusi yang diterima oleh variabel hasil belajar. Artinya masih terdapat indikasi adanya pengaruh variabel lain dalam menentukan hasil belajar sebesar 67,1% yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Penelitiyan ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa wawasan dan pengetahuan dalam dunia pendidikan, khususnya mengenai Pengaruh Lingkunga Keluaga TerhadaF Hasil Bajar Ekonomi Klas XII IPS DI SMA N 15 Merangin. Bagi sekolah, agar dapat meningkatkan peran lingkungan keluarga dan manajemen pengelolaan nya dapat lebih berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsini, 2014. ProsedurPenelitian, Jakarta: PT RinekaCipta
Idriz, Zahara, 1987. Dasar-dasar Kependidikan. Padang: Angkasa Raya
Joko M.2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta :Pinus
Kadir. A, 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Prenada media Group.
Khafid, M, 2007. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Jatinegara, Universitas Negeri Semarang.
Nana Sudjana. (1992). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda karya
Nana Syaodih Sukma dinata. (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Riduwan. 2009. Pengantar Statistik Sosial, Bandung :alfabeta
Sadulloh, 2014. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta
Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.
Tirtaraharja, Umar dan La Sulo, 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta