PENGARUH KOPERASI SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 11 MERANGIN

Main Article Content

ANDRE AGESI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh koperasi sekolah terhadap motivasi berwirausaha siswa SMK Negeri 11 Merangin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Populasi penelitian ini adalah kelas XI dan XII SMK Negeri 11 Merangin sebanyak 128 siswa. Pengumpulan data  di lakukan dengan menyebar angket sebanyak 27 angket kapada 27 siswa kelas XI dan XII di SMK Negeri 11 Merangin. Uji coba pada insrumen penelitiyan adalah Uji Validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk Uji Asumsi klasik menggunakan Uji Normalitas dan Uji linieritas dangan bantuan aplikasi IBM SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa koperasi sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi berwirausaha siswa SMK Negeri 11 Merangin. Hal ini bisa di lihat dan dibuktikan dengan nilai thitung  mata pelajaran kewirausawan (X) sebesar (8,233) yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian hipotesis Uji t variabel mapel kewirausahaan (X) mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa (Y).


Adapun saran yaitu penelitiyan lni dharapkan dafat memberikan manfat serupa wauasan den pengetahuan didalam duniya pndidikan, kususnya mengenai pengaruh khoperasi terhadaf minat berwirausaha pada siswa SMK Negeri 11 Merangin. Bhagi sekolah, dengan adanya penelitiyan lni di harapkan sekolah dafat maningkatkan peran koperasi sekolah dan manajjemen pengelolaan nya dapat lebih berkontribussi didalam menubuhkan karakter wirusahawan kepada siswa.


 

Article Details

Section
Articles

References

Daryanto, (2012), Pendidikan Kewirausahaan, Yogyakarta : Gava Media.
Djojoadikoesoemo, Margono (2013) 10 Tahun Koperasi, 1930-1940, Jakarta : Fadly Zon Library.
Firmansyah, Herlan. Romi F, dan Agus A. (2012), Advance Learning Economic 3 for Grade XII Senior High School. Jil 3, Ed. 2,Bandung : Grafindo Media Pratama.
Hadi, Amirul dan Haryono, (2005), Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia.
Hasan, Iqbal (2006), Analisis Data Penelitian dengan Statistik, Jakarta : Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar (2002), Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar (2011), Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta : Bumi aksara.
Irianto,Agus (2007), Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: Kencana.
Kasiram, Moh. (2008), Metodologi Penelitian, Malang : UIN Malang Pers.
Marini, Arita (2008), Ekonomi dan Sumber Daya, Jakarta : Pengembangan Depdiknas.
Nazir, Mohammad (1988), Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia.
Prasetyo, Bambang dan Lina Miftahul Jannah (2012), Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta : Rajawali Pers.
Riduwan (2004), Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2010), Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D), Bandung : ALFABETA
Suryana (2001), Kewirausahaan, Jakarta : Salemba Empat.