PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STKIP YPM BANGKO

Main Article Content

YELIA PUTRI

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari rendahnya nilai indeks prestasi mahasiswa dikarenakan belum semua mahasiswa memiliki motivasi belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan teknik analisis regresi sederhana. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif pendidikan ekonomi angkatan tahun 2019/2020 yang terdapat dalam daftar nilai IP semester 1 Tahun 2019/2010 sebanyak 74 mahasiswa.  Pengumpulan data dengan menggunakan angket Kuesioner. Uji coba pada inetrumen penelitian menggunakan Uji Validitas dan Uji realibilitas dan untuk pengujian data hasi penelitian menggunakan uji Normalitas menggunakan Uji Chi Kuadrat sedangkan uji Linieritas dan Uji regresi linier sederhana menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Motivasi Belajar (X) terhadap Nilai IPK (Y) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,707 dan nilai thitung sebesar 0,986. Diharapkan bagi Mahasiswa agar dapat dijadikan motivasi untuk dapat mencapai hasil dan prestasi belajar yang memuaskan

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2010 Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta:Rineka Cipta
.1999. Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta
____________.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara
Djamarah dan Zain.1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dwi, Dyah Lestari. 2019. Pengaruh pendekatan open-ended terhadap prestasi belajar matematika berbasis hots (higher order thinking skill) di kelas iv sekolah dasar. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Publikasi Hasil Penelitian. Unviversitas Muhammadiyah Purwokerto
Eriyani.Elfa.dkk.2013. Panduan Penyusunan Skripsi.STKIP YPM Bangko
Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Islamiyah, Nurul. 2019. Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi 2017 Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Manajemen dan Keuangan. Universitas Negeri Surabaya
Kiswanto, Nur Cahyo Dwi. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Publikasi Jurnal Pendidikan Ekonomi. Universitas Negei Yogyakarta
Moh Nazir, 2011. Metode Penelitian. Cetakan 6. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Muhibbin, Syah. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda karya
Oemar.Hamalik. 2007. Evaluasi Kurikulum Pendekatan Sistematik. Bandung: Yayasan Al Madani Terpadu
Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2007.”Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung:ALFABETA
Sudjana, Nana. 2009 Penilaan Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, Robert 2012. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Sugiyono.2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
_______________2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Syaiful, Sagala, 2010, Konsep dan Makna Pembelajaran.bandung : CV, Alfabeta

Walpole, Ronald E. 1988. Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya. Gustu Ngrah. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di STMIK STIKOM BALI. Jurnal Bakti Saraswati. Vol 7 No 02. September 2018. STIMIK STIKOM Bali
Yuhendri. 2013. Pengaruh Kebutuhan Akan Prestasi, Lokus Kendali, Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha: Survey pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. S2 thesis. Universitas Pendidikan Indonesia