PENGARUH DISIPLIN GURU TERHADAP PRESTASI GURU DI SMP NEGERI 4 MERANGIN

Main Article Content

Mat Tubing

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi  pentingnya Disiplin Kerja guru dalam meningkatkan prestasi kerja guru di SMP Negeri 4  Merangin. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuantitatif korelasional yang melibatkan 2 variabel yakni disiplin kerja guru (X) dan prestasi kerja guru (Y). Sampel penelitian ini 70 orang guru. Instrumen yang peneliti gunakan dalam mengumpulkan data berbentuk, kuesioner, dan dokumentasi dan observasi. Pada analisis data peneliti menggunakan statistik deskriptif berupa Tingkat Capaian Jawaban Responden (TCR), uji normalitas data, analisis regresi sederhana dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil peneliti ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin kerja guru guru terhadap prestasi kerja guru di SMP Negeri 4 Merangin, hal ini sesuai dengan hasil hipotesis yakni ditunjukkan oleh t hitung (8,572) > t tabel (2,000). Ini artinya hipotesis yang menyatakan disiplin kerja guru  mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja guru atau Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya pengaruh yang dikontribusikan oleh vaiabel X atau disiplin kerja  guru terhadap variabel Y prestasi kerja guru adalah sebanyak nilai R Square yakni sebesar 0,519 yang menunjukkan bahwa 51,9% variabel disiplin kerja guru  mempengaruhi prestasi kerja guru. Sedangkan 49,1% perubahan disiplin kerja guru dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini dengan koefisien regresi sebesar 0,728 dengan nilai t hitung 8,572 pada sig 0,000 > 0,05 artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan disiplin kerja guru akan meningkat 0,728 satuan prestasi kerja guru. Berdasarkan penelitian tersebut, maka peneliti merekomendasikan kepada semua guru di SMP Negeri 4 Merangin untuk lebih meningkatkan lagi disiplin kerja  guru, dengan disiplin kerja guru yang bagus maka akan membuahkan prestasi kerja   yang bagus pula. sehingga tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan bersama khususnya dan tujuan pendidikan pada umumnya dapat tercapai.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto (2006) Prosedur Penelitian Jakarta: Anggota IKAPI No. 112/DKI/90
Dharma Agus. Manajemen Prestasi Kerja. Jakarta: CV. Rajawali, 1991.
Drs.Slameto,(2010) Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya :Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Hamzah B.Uno Nina Lamatenggo (2016). Tugas guru dalam pembelajran : aspek yang mempengaruhi Jakarta: PT Bumi Askara
Hasibuan, Malayu. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Helmi, Avin Fadilla. 1996. Disiplin Kerja. Buletin Psikologi. Tahun IV, Nomor 2, Desember.
Kelman. 1985. Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Mahmud (2011) metote penelitian pendidikan Bandung : Anggota IKAPI Cabang Jabar.
Mangkunegara A, et. al, Anwar Prabu. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
Mikha Agus Widyanto. (2013). Statistika Terapan Jakarta : kelompok anggota Ikapi
Muh Ghufran Faqih.2015. Pengaruh Sikap Motivasi dan Iklim Kerja Terhadap Prestasi kerja Guru Madrasah Aliyah di Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah.Skripsi
Prabowo Narmado, Pengaruh Motivasi dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Wonogiri, dalam Jurnal Psyche, 2006.
R.Gunawan Sudarmanto (2013) Statistik Terapan Bisnis Komputer Jakarta : mitra Wacana.
Riduwan. (2009). Pengantar Statistika. Bandung : Alfabeta.
Ridwan (2009) Metode Teknik & Menyusun Proposal Penelitian bandung : ALFABETA.
Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Simamora, Henry. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.
Sudarmanto .2013. Statistik Terapan jakarta:mitra wacana media.
Sugiyono 2007 Metode Penelitian Bisnis Bandung : Alfabeta, cv IKAPI.
Sugiyono 2010 Statiska untuk penelitian bandung: ALVABETA Anggota Ikatan penerbit Indonesia(IKAPI).
Sugiyono 2012 metode- metode yang di pertanggung jawab materinya .jakarta :anggota IKAPI
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan (R&D). Bandung : Alfabeta.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Undang-Undang RI 20 Tahun 2003. Sistem pendidikan nasional (SISDIKNAS).
Uno dan Lamatenggo. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta : PT Bumi Aksara.