PENGARUH MEREK DAN COUNTRY OF ORIGIN TERHADAP SIKAP KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK LAPTOP ( STUDI KASUS MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STKIP YPM BANGKO MELALUI PENDEKATAN SEM ANALISIS )

Main Article Content

Anggriawan
Mukhlis Yunus

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh semakin banyak merek laptop yang tersebar di pasaran dengan berbagai fitur dan teknologi terbaru yang di tawarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan sebuah produk laptop yang  digunakan  sebagai alat penunjang aktivitas sehari-hari. Selain merek, Country Of Origin juga merupakan salah satu faktor penilaian konsumen dalam memilih produk laptop guna memenuhi kebutuhan dalam mengedepankan kualitas dan teknologi sesuai keinginan. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui: (1) Pengaruh merek terhadap prilaku  konsumen dalam mengambil  produk laptop, (2) Pengaruh Country Of Origin terhadap sikap konsumen dalam memilih produk laptop dan (3) Pengaruh merek dan Country Of Origin terhadap sikap konsumen dalam memilih produk laptop secara simultan


.Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan Angket sebagai instrumen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen pada mahasiswa pendidikan ekonomi STKIP YPM Bangko, sampel yang digunakan adalah mahasiswa yang menjadi konsumen dengan menggunakan metode pengumpulan data penelitian melalui angket atau kuesioner


.Hasil penelitian Ditemukan bahwa: (1) Merek tidak berpengaruh positif terhadap sikap konsumen dalam memilih produk laptop dengan nilai t-hitung sebesar 1.561 > tingkat signifikansinya 0.119. (2) Country Of Origin (COR) tidak berpengaruh positifterhadap sikap konsumen dalam memilih produk laptop dengan nilai t-hitung sebesar 0.911 > tingkat signifikansinya 0.363

Article Details

Section
Articles

References

Kotler, P., dan Keller, K.L 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid. 1. Jakarta.
Jovita S. Dinata, Srikandi Kumadji, Kadarisman Hidayat, 2015. “country of origin dan pengaruhnya terhadap persepsi kualitas dan minat beli”. Jurnal administrasi bisnis (JAB) Vol. 25 No. 1
Sari Dwi Noviayanti, 2016. “Pengaruh merek dan negara asal (counyry of origin) terhadap prilaku konsumen dalam memilih laptop pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas hasanuddin makassar”.
Sumarwan, Ujang, September 2011. Prilaku Konsumen, Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D.: Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta