PENGARUH PERILAKU AGRESIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP NEGERI 20 MERANGIN

Main Article Content

Rian Susetia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tingginya pengaruh perilaku agresivitas siswa yang ditandai dengan  maraknya perilaku agresivitas seperti bullying dan bentuk kekerasan lainya yang tidak hanya ditujukan kepada sesama siswa, bahkan untuk beberapa kasus siswa berani menunjukkan agresivitas kepada guru dan orang tua sehingga perilaku ini akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Perilaku Agresivitas Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Responden penelitian adalah  siswa SMP Negeri 20 Merangin sebanyak 62 orang.  pengumpulan data yang peneliti di lakukan dengan angket atau kousioner. Uji coba pada  instrumen penelitian peneliti adalah uji validitas dan uji reabilitas. Adapun uji untuk asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji Linearitas dengan bantuan aplikasi SPPS 20. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa perilaku agresivitas tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, Susanto. Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini Dalam rangka Pembentukan Karakter Bangsa. Jurnal Sosioreligi, Volume 15
Anantasari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta : KANISIUS
Adji, W. 2002. Kecenderungan Perilaku Agresif Pria Ditinjau dari Minat Terhadap Musik Heavy metal. Skripsi (tidak diterbitkan). Semarang : Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Berkowitz, L., 1995, Agresi I: Sebab dan Akibatnya, Jakarta: PT. Pustaka Baraman Pressindo
Budikuncoroningsih, Sulistiyowati. 2017. Pengaruh Teman Sebaya dan Persepsi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Agresivitas Siswa di Sekolah Dasar Gugus Sugarda. Jurnal Sains Sosial dan Humaniora Vol. 1 No. 2 hlm 85-92.
Burhan, Nurgianto. 1988. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPFE
Dayakisni, Tri & Hudaniah. (2009). Psikologi sosial. Malang: UMM Press
Djamarah dan Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Reka Cipta
F Hanurawan, 2010. Metode penelitian kualitatif untuk ilmu psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP
Hamalik, Oemar (2003). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hudoyo, Herman. 2008. Peran Media Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Koeswara. 1988. Agresi Manusia. Bandung: Rosda Offset
Mudjiono dan Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan Jilid I. Jakarta: Erlangga
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Santrock, J. (2011). Masa Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Salemba
Sarwono, S.W. 2012. Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo
Sears, D.O.,Freedman,J.L. & Peplau,L.A. 1994. Psikologi Sosial. Alih Bahasa : Michael Adryanto dan Savitri Soekrisno, S.H. Jilid II. Jakarta : Erlangga
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV