PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKO MELATI

Main Article Content

Miranti Sherly Saputri

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya persepsi harga dan Word Of mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian dengan rendahnya keputusan pembelian pada konsumen. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh persepsi harga dan Word of Mouth (WOM) terhadap keputusan pembelian di Melati Swalayan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Responden penelitian adalah konsumen Melati Swalayan sebanyak 100 orang.


Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan Angket sebagai instrumen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Melati Swalayan, sampel yang digunakan adalah masyarakat yang menjadi konsumen di melati swalayan dengan menggunakan metode pengumpulan data penelitian melalui angket.


Hasil penelitian Ditemukan bahwa: (1) persepsi harga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung sebesar 2.462 > tingkat signifikansinya 0.014. (2) Word Of Mouth (WOM) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung sebesar 10.539 > tingkat signifikansinya 0.000.

Article Details

Section
Articles

References

Amirullah. 2002. Perilaku konsumen.
Grahai ilmu:Yogyakarta.
Ampera. Pengaruh KualitasLayanan Dan HargaTiket Terhadap KepuasanPelanggan Pengguna JasaKereta Api Kaligung Mas KelasEksekutif Pada Pt. KaiDaop 4Semarang
Bukhari Alma, 2018. Manajemen Pemasarandan Pemasaran Jasa.Bandung.
Diab,Balqis,2009. Analisis Pengaruh Nilai PelangganDan Citra Merek Terhadap KepuasanPelanggan DalamMeningkatkan RetensiPelanggan (Studi Kasuspada Gies BatikPekalongan). Masters thesis,program PascasarjanaUniversitas Diponegoro
Fandy tjiptoni. 2006. Strategi pemasaran, Yogyakarta: andi
Ghozali, Imam. 2007. Scrutural ecuation modelling: metode alternative dengan parsial leastsquares (PLS). Universitas diponogorosemarang.
KotlerArmstrong. 2007. Dasar - dasar pemasaran. Alihbahasa oleh Alexander sindoro.Jakarta: penerbit PT. Indeks.
Kotler, P., dan keller. K.L. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta.
Kotler, P., dan keller. K.L. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 2. Jakarta.
Lupiyoadi hamdani. 2006. Manajemen pemasaran jasa, edisi kedua. Jakarta: Penerbit salemba. Empat.
Machfoedz Mahmud .2005. Pengantar pemasaran modern. Yogyakarta:UPP Amp Ykpn.
Sugiyono, 2013. Metode penelitian kombinasi (mixedmethods), alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitia KuantitatifKualitatif dan R&D.: Alfabeta.
Sumardy dkk.2011. The powerof word of mouthmarketing. Jakarta:PT gramedia. Pustaka.Utama.
Surmawan, M.Sc. 2002. Prilaku KonsumenTeori dan Penerapandalam Pemasaran Bogor: GhaliaIndonesia.
Tjiptono,Ph.D. 2015. StrategiPemasaran edisi4. Yongyakarta.
Vivi Ayu Yuniati,2018. PengaruhPersepsi Harga, WordOf Mouth(Wom), Dan KualitasProduk TerhadapKeputusan PembelianSepatu Bata.