PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 4 MERANGIN

Main Article Content

Aci Rulia Badriah
Hayati

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Merangin. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi bisnis kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Merangin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisisnya regresi linier sederhana dengan menggunakan program IBM SPSS 21. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada responden yaitu siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Merangin sebanyak 30 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa milai koefisien regresi sederhana 0,327 dengan koefisien determinan R square sebesar 0,223. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh  antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X Akuntansi siswa SMK Negeri 4 Merangin. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru atau pun orang tua lebih memperhatikan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. 

Article Details

Section
Articles

References

Aenun Najibah, Nike. 2017. Pengaruh Pola Asuh Ourang Tua Dengan Hasil Belajar Kelas IV SDN Cempaka Putih 02 Tangerang Selatan. Jurnal dari fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegururuan UIN Syarif Hidayatullah
Arikunto S. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. PT Asdi Mahasatya, Jakarta.
Hasan M, 2010. Pendidikan anak usia dini. Penerbit Diva Press.Hudoyo Herman. 2008. Peran Media dalam Pembelajaran. PT Bumi Aksara. Jln. Sawo Raya Jakarta
Mudjiono dan Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Mudjiono dan Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Whidiasih Ika. 2017. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS. Pendidikan. Guru Sekolah Dasar. Semarang FIP Universitas Negeri Semarang