UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 250 MERANGIN

Main Article Content

Nindi Pangestuti
Muhtar Dahri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode simulasi di SD N 250 Merangin. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi, subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD N 250 Merangin yang berjumlah 29 orang siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode simulasi terjadi peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa, aktivitas yang awalnya 75,49% pada siklus I menjadi 83,08% pada siklus II, dan rata-rata hasil belajar siswa yang awalnya 73,44% pada siklus I menjadi 83,79% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode simulasi aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan karena metode simulasi ini menuntut keaktifan siswa sehingga dapat mengurangi kejenuhan siswa dalam proes pembelajaran, maka metode ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto. (2006). Penelitian Tndakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamalik Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Kusnianingsih Lilik. (2015). Pnerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkn Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N Wunut Tulung Klaten.
Muhajir Ande. (2012). “Peningkatan Aktifitas Belajar dg Metode Simulasi Pmbelajaran PKn di Kelas VI M.I.S Nahdotushibyan Kuala Dua.
Nuryanti. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Melalui Metode Simulasi pada siswa kelasIV MI Muhammadiyah Jambu Kidul, Ceper, KlatenTahun Pelajaran 2013/2014.
Sardiman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mngajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Siregar Juniar. (2015). Penerapan Metode Simulasi Untuk Mningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar PKN siswa di SD NEGERI 187/IV Kota Jambi.
Slameto. (2003). Belajar dn Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudijono, anas. (2009). Pengantar statistic pendidikan. Jakarta : Raja grafindo Persada.
Sudjana Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Susanto Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pmbelajaran di (SD) Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Taniredja, Tukiran. (2012). Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung : Alfabeta.
Trianto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (Classrom Action Research). Jakarta : Prestasi Pustaka.
Wahyuni Daru dan Baroroh Kiromim. (2012). Penerapan Metode Pmbelajaran Simulasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Beajar Ekonomi Mikro.
Wiriaatmadja Rochiati. (2009). Metode Penelitian Tindakn Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yamin Martinis. (2003). Strategi Pmbelajaran Berbasis Kmpetensi. Jakarta: Gaung Persada Perss
Yusrina Anggraini Untari. (2013). Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Mlalui Metode Simulasi