PENGARUH PENGUATAN GURU TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI SATU ATAP 21 MERANGIN

Main Article Content

Fitriati Ningsih
Ade Taufan

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah dilatar belakangi oleh masih rendahnya kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri Satu Atap 21 Merangin, salah satu cara untuk dapat diterapkan pendidik adalah dengan cara memberikan penguatan kepada siswa. Dengan memberikan penguatan, siswa akan merasa dihargai atas semua usaha dan juga prestasinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara penguatan yang diberikan oleh guru terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII di SMP Negeri Satu Atap 21 Merangin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan regresi linier sederhana menggunakan program SPSS 22. Pengumpulan data ini dilakukan dengan menyebar angket 50 orang responden. Hasil penelitian ini akan menunjukkan bahwa penguatan guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan diri siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,512 dengan determinan koefisien (R2) sebesar 0,380. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru hendaknya memberikan penguatan kepada siswanya saat dalam proses pembelajaran berlangsung, sehingga akan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa secara optimal

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Asdi Magasatya.
Djamarah, Syaiful. Bahri. 2000.Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Cv Pustaka Setia
Kusrini Woro & Prihartanti Nanik. 2014. Hubungan Dukungan Sosial Dan Kepercyaan Diri Dengan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Boyolali
Marno, & Idris. M. 2008. Strategi & Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media


Muniroh Siti, dkk. 2016. Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kwlas X SMK Swasta Panca Bhakti Kubu Raya.
Rahman Muzdalifah, M. 2013. Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan diri pada anak usia dini. STAIN Kudus, Jawa Tengah, Indonesia .
Saputra Bayu, dkk. 2017. Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA Di Kota Bengkulu.
Sugiyono .2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi.Bandung: Alfabeta
Sugiyono.2013.Metode Penelitian Kombinasi.Bandung: Alfabeta
Sumiar Wulan, dkk. 2017. Hubungan Antara Penguatan Positif Oleh Guru Dengan Kreativitas Belajar Siswa.
Vita Yan. 2016. Penguatan Sikap Percaya Diri Melalui Dreams Book Bagi Siswa Kelas 1 SDN Tegalombo 1 Kalijambe Sragen.
Yuliana. 2013. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Ips SMA Katalik Talino.