PENGARUH TATA RUANG KANTOR TERHADAP KINERJA PNS DINAS DUKCAPIL KAB. MERANGIN

Main Article Content

Devi Lestari

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  oleh kurang rapihnya pengaturan tata ruang kantor Dinas Dukcapil Kabupaten  Merangin  sehingga  berpengaruh  terhadap  kinerja  Pegawai  Negeri Sipil  di kantor  tersebut. Adanya lingkungan kerja yang nyaman, khususnya  tata ruang kantor yang baik akan memberikan dorongan   kepada   karyawan   untuk   bekerja   lebih  baik   sehingga   dapat   meningkatkan   kinerja karyawan.  Terdapat dua variabel yang diteliti yaitu tata ruang kantor variabel (independen)   dan kinerja Pegawai  Negeri Sipil  (dependen).  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  seberapa besar pengaruh tata ruang kantor terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil Dinas Dukcapil Kabupaten Merangin. Metode penelitian yang  digunakan  metode  pendekatan  kuantitatif.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Dari hasil analisis  menunjukkan  pengaruh  yang  signifikansi antara tata ruang kantor terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil, t hitung > t tabel atau 9,804 > 1,697 maka  Ho ditolak  dan Ha diterima.  Artinya  koofisien  determinasi  (R2)  sebesar  0,752,  sedangkan pengaruh variabel tata ruang kantor terhadap kinerja PNS adalah 76,8%. Disarankan kepada Kepala Dinas Dukcapil  dapat memperhatikan  pengaturan  tata ruang kantor sehingga dapat meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil tersebut.

Article Details

Section
Articles

References

Agus Suratno, Mari Yuana. 2014. Pengaruh Penataan Layout Kantor terhadap Efektivitas Kerja Karyawan Bagian Umum dan Kepegawaian Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah. Politeknik Negeri Semarang. Semarang
Gavinov Tinarbudi Iva, 2016. Manajemen Perkantoran. Parama Publishing. Yogjakarta
Karwati Euis dan Priansa Juni Donni, 2013.Kinerja dan Profesionalisme Kepala Sekolah. Alfabeta. Bandung
Moeheriono, 2014. Pengukuran Kinerja berbasis Kompetensi, Raja Grafindo Persada. Jakarta
Priansa Donni Juni, 2014. Kesekretarisan,Alfabet. Bandung
Quible, Zane. 2001. Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Edisi 7. New Jersey : Prentice Hall.
Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel- variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung
Sedarmayanti dan Siswanto Nur Eko, 2014.Pengaruh Tata Ruang Kantor Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Sosial Kota Cimahi .11 (3): 501-510