USAHA MINYAK BIJI KEPAYANG DI DESA GUGUK KECAMATAN RENAH PEMBARAP KABUPATEN MERANGIN

Main Article Content

Fajar Hidayat

Abstract

Minyak biji kepayang merupakan salah satu terobosan baru yang masih jarang beredar di masyarakat umum. Fokus dalam penelitian ini adalah   bagaimana cara pengolahan   minyak biji kepayang. Tujuan   dari penelitian  ini  untuk  mengetahui  cara  pengolahan,  kendala-kendala  dalam  pengolahan,  dan  strategi  dalam pengolah    minyak  biji  kepayang  di  Desa  Guguk  Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif,  yang diadakan di Desa Guguk Kecamatan Renah Pembarap Kabupaten Merangin Provinsi Jambi. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrument aktif, dengan analisis data dilakukan bersama pengumpulan data, adapun metode yang digunakan didalam pengumpulan data adalah metode Observasi, Wawancara Dan Dokumentasi. Informan didalam penelitian ini adalah Pak M.Ansori, ibu Misna, dan ibu Satun sebagai pemilik usaha minyak biji kepayang. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan.


Hasil penelitian strategi dalam proses pengolahan minyak biji kepayang yaitu buah harus benar-benar masak atau matang, isi biji harus putih, penjemuran harus benar-benar kering, dan untuk kualitas yang bagus dilakukan pengapitan sebanyak dua kali. Kendala yang dihadapi dalam proses pengolahan minyak biji kepayang adalah bahan baku yang kurang menunggu musim per musim, faktor cuaca, alat-alat yang dipakai masih sangat sederhana atau masih tradisional. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Adapun usaha minyak biji kepayang di Desa Guguk masih sangat sederhana, semuanya masih menggunakan tenaga manusia belum menggunakan alat atau mesin.Usaha yang dilakukan masih terkendala bahan baku yang kurang dan menunggu hasil panen musim per musim.

Article Details

Section
Articles

References

Alfian Arif Adhiatma. (2015). Pengaruh Modal
Awal, Lama Usaha, dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang KayuGlondong di Kelurahan Karang
Kebagusan Kabupaten Jepara. Jurnal. Ali Muhson. (2005). Diktat Mata Kuliah:
Aplikasi Komputer.Yogyakarta: Pendidikan Ekonomi FISE UNY.
Amirullah, dan Imam Hardjanto, (2005).
Pengantar Bisnis, Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha. Ilmu.
Anas Sudijono, (2011). Pengantar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Rajawali Pers. Anoraga, Pandji. (2011). Pengantar Bisnis: Pengelolaan Dalam Era Globalisasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Bird,(Dewi:2015:5). perilaku wirausaha adalah aktivitas wirausahawan yang mencermati peluang (opportunistis), mempertimbangkan dorongan nilai- nilai dalam lingkungan usahanya (value-driven), siap menerima resiko dan kreatif.
Bokdan, dan Tailor. (1975:5), Sebagai Prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriftif.
Donelly, Gibson Ivancevich. (1997) Organisasi Perilaku Struktur. Jilid I. Jakarta: Delta Pamungkas.
Dyah Mardiningsih, dkk. (2003) Buku Ajar Kewirausahaan. Semarang: UNDIP Press.
Endang Soclihin, dkk. (2018): Panduan
Penyusunan Skripsi. Bangko
:Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu
Pendidikan
Gilarso, T. (1998). Ekonomi Indonesia Sebuah
Pengantar. Yogyakarta: Kanisius.
109
Hadi, Sutrisno. Sugiyono, (2010).
Mengemukakan bahwa observasi merupakan suatu proses. 145
Hesti Kusuma Wardani Ambar Pertiwi, Abdul Juli Andi Gani, Abdullah Said. Jurnal Peranan Dinas Koperasi dan UKM Dalam Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kota Malang.