ANALISIS USAHA PEMASARAN OLAHAN KOPI MEREK “MADRAS COFFEE” DI DESA MUARA MADRAS KECAMATAN JANGKAT KABUPATEN MERANGIN.

Main Article Content

Ade Taufan

Abstract

Kelompok IKM “Umah Kupi” merupakan usaha yang bergerak dibidang pengolahan kopi bubuk yang memiliki produk dengan merek “Madras Coffee”. Terdapat 3 ukuran kemasan Madras Coffee yang diproduksi yaitu 50 gr, 100 dan 150 gr. Kemasan 50 gr di jual dengan harga Rp. 8.000, kemasan 100 gr Rp. 15.000 dan Kemasan 150 gr Rp. 20.000. Metode pemasaran yang digunakan yaitu pemasaran langsung dan pemasaran tidak langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode, efisiensi, margin dan strategi pemasaran kopi bubuk merek Madras Coffee hasil produksi IKM Umah Kupi di Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin. Effisiensi terbaik pada pemasaran langsung ataupun tidak langsung adalah 0,48% diperoleh pada kemasan 100 gr. Berdasarkan analisis SWOT maka pemasaran produk dapat ditingkatkan dengan cara: (1) memperluas area pemasaran; (2) meningkatkan kualitas dan kuantitas produk; (3) mengikuti pameran; (4) mempromosikan keunggulan produk.

Article Details

Section
Articles

References

1. Direktur Jenderal Perkebunan. 2017. Statistik Perkebunan Indonesia 2015-2017: Kopi. Jakarta: Kementerian Pertanian. Hal: 33.
2. BPS. 2018. Provinsi Jambi Dalam Angka 2018. Jambi: Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi. Hal: 346.
3. Supratman, H. 2019. Sejarah Perkebunan Kopi di Kecamatan Jangkat Kabupaten Merangin Tahun 1980-1990. Jurnal Ilmiah Istoria. 3(1): 84-92.
4. Prabowo, A., Dipowiguno, Ratdomopurbo, A. 2018. Seri Kaldera Nusantra: Masurai. Jakarta: Badan Geologi Kementerian ESDM. Hal: 63.
5. BPS. 2018. Kabupaten Merangin Dalam Angka 2018. Merangin: Badan Pusat Statistik Kabupaten Merangin. Hal. 164.
6. Tamtomo, H., dan Veronika, D. 2018. Meningkatkan Ekspor Dan Daya Saing Biji Kopi Indonesia: Implikasi Strategis Bagi Pengembangan Kopi Lokal Jangkat. Jurnal Development. 6(2): 139-158.
7. Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian: Teori dan Aplikasinya. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.