PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KOPERASI STKIP YPM BANGKO (STUDI KASUS PADA STAF STKIP YPM BANGKO)

Main Article Content

Wudianingsih

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kualitas pelayanan yang diberikan karayawan kepada konsumen koperasi STKIP YPM Bangko sehingga konsumen merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan. Tingkat kepuasan konsumen  dipengaruhi dengan seberapa besar kepuasan yang dirasakan melalui kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada koperasi STKIP YPM Bangko (Studi Kasus Staf STKIP YPM Bangko). Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitaf. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 42 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada staf STKIP YPM Bangko. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dengan meggunakan program IBM SPSS 20.  Hasil penenlitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada  Koperasi STKIP YPM Bangko. Hal ini dibuktikan dengan koefesien regresi sebesar 0,306 dan determinasi 0,401.

Article Details

Section
Articles

References

Ilham, Fadilah. 2017.”Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Bengkel Abidin Di Kotabumi Lampung Utara”.Skripsi Tidak Di Terbitkan. Lampung:Universitas Lampung
Kusdayanti, 2016 Pengaruh Citra Koperasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Pegawai Republik Indonesia Setia Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosob, Universitas Negeri Yogyakarta
Mahendra, Ardana. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhada Kepuasanm Pelanggan Low Cost Carrier Airlines Airasia Indonesia Pada Periode Januari-Juni Tahun 2011. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom
Nilasari, 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dealer Pt. Ramayana Motor Sukoharjo. Universitas Islam Batik
Priansa, Donni Juni. 2016. Perilaku Konsumen Dalam persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, cv
Rahmat, dkk. 2012. Manajemen dan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pustaka Media
Sugiyono.2013.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Sunarwati,dkk. 2014. Strategi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Pustaka Medi