PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 13 MERANGIN TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Article Content

Mesa Fransiska

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX SMP Negeri 13 Merangin Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaraan aktif team quiz lebih baik dari pada hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional (ceramah).


Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode eksperimen dengan design penelitian “Faktorial Design”. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Probability Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 13 Merangin Tahun Pelajaran 2018/2019, dengan sampel kelas IX A dan IX C. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan tes urain. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan terhadap tes akhir dengan nilai rata-rata di kelas eksperimen menggunakan strategi aktif team quiz yaitu 79,14 dan pada kelas control menggunakan metode konvensional (ceramah) yaitu 72,42 perhitungannya dibantu dengan program IBM SPSS 21 for windows. 


Dari hasil analisis data tes akhir pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh kesimpulan  : Hasil Belajar IPS Terpadu siswa menggunkan strategi pembelajaran aktif team quiz  lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Pendekatan Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineke Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Angkasa.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineke Cipta.
Evelin & Nara. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajara. Bogor : Ghalian Indonesia.
Irianto, Agus. 2008. Statistik Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hamalik, Oemar. 2013. Prose Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Musdika, Djamarah. 2012. Model Pembelajaran Yang Efektif Untuk Guru. Jakarta : Pustaka Media.
Riduwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: ALFABETA.
---------. 2013. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: ALFABETA.
Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Pustaka Insan Madani.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta.
Susetyo, Budi. 2001. Statistik untuk Analisis Data Penelitian. Bandung : PT.Refika Adiatama
Sudjana, Nana. 2013.dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Gensido..
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
---------. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
---------, 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.
Zaini, Hisyam dkk. 2007. Stategi penbelajaran aktif. Yogyakarta: CTSD
Zaini, Aswan dkk. 2010. Startegi Beelajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta