PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN JASA TRANSPORTASI PT. FAMILY RAYA CERIA (FRC) (STUDY KASUS PEDANGANG TOKO BAJU PASAR BARU BANGKO)

Main Article Content

Fandi Yulia Candra

Abstract

 


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi PT. Family Raya Ceria khususnya  pedagang toko  baju  dipasar baru  Bangko  untuk  melihat  gambaran mengenai pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen dan mengkaji signifikasi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara persial untuk meningkatkan kepuasan konsumen pada pedagang toko baju di pasar baru Bangko. Jenis penenlitian ini menggunakan metode kuantitatif Deskriptif populasi dalam penelitian ini adalah pedagang toko baju di pasar baru Bangko dengan jumlah 30 orang. Dan sampel yang diperoleh  yaitu 30 orang. Teknik pengambilan   sampel   menggunakan   teknik   nonprobality   sampel   atau   total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis, hasil uji signifikasi pengaruh simultan dengan uji F hitung sebesar 17,004 lebih besar dari F tabel sebesar 4,17 (17,004> 4,17) dengan signifikasi sebesar


0,000<0,05. kualitas pelayanan dan harga secara simultan atau bersama-sama berpengaruh  signifikan  secara  statistika  terhadap  kepuasan  konsumen. Berdasarkan hasil uji pengaruh persial dengan uji t tabel sebesar 1,697 (10,75>


1,697 ) dengan taraf signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (1,697>0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai sebesar 0,285., diketahui seluruh variabel bebas yakni kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi 2010, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Budi, Agung. Permana. 2013
Manajemen Marketing Perhotelan,Yogyakarta :CV Andi Offset (penerbit andi)
Buchari alma . 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Priansa ,Donni, Juni. 2017, Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer.Bandung : Alfabeta.
Ghozali.,Imam. 2009. Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS Badan Penerbit Universitas
Diponegoro: Semarang.


Irianto, Agus. 2004. Statistik konsep Dasar, Aplikasi, Dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Mubarok, Saefuddin. 2015. Ekonomi manajerial & Strategi Bisnis, Vila nusaindah 3 blok KD 3 no.21: Penerbit In Media
Ridwan, 2009 Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru- Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Salim, abbas. 2016. Manajemen Transportasi, jakarta: PT raja grafindo persada.
Sudjana. 1982. Metode Statistika .
Bandung: Tarsito.