PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA KARTU PRABAYAR TELKOMSEL TERHADAP KEPUTUS PEMBELIAN (PADA PETUGAS SURVEI MITRA BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN MERANGIN)

Main Article Content

Irfan Mustolih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan penbelian kartu prabayar Telkomsel. Populasi dalam penelitian ini adalah Petugas Survei Mitra Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Merangin. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah 40 responden, yang di ambil menggunakan teknik total samping. Variabel dari penelitian ini terdiri dari dua variabel independen yaitu kualitas produk dan harga dan satu variabel dependen yaitu keputusan pembelian.  Metode analisis yang di gunakan untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini dengan menggunakan aplikasi SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)Terhadap pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel kualitas produk terhadap variabel keputusan pembelian,hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,672 lebih besar dari t tabel sebesar 2,021 dengan taraf signifikan sebesar 0,011 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,389.(2) Terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara variable harga terhadap variabel keputusan pembelian hal ini dibuktikan dari nilai t hitung sebesar -2,745 lebih besar dari t table sebesar 2,021 dengan taraf signifikan sebesar 0,009 lebih kecil dari 0,05 dengan nilai koefisien regresi sebesar -0,595.(3) secara simultan variabel kualitas produk dan harga berpengaruh positif terhadap variabel keputusan pembelian,hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian,diperoleh F hitung sebesar 7,201 lebih besar dari F table sebesar 3,32 dengan signifikan sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto. (2006), Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Buchori Alma, (2011), Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Kotler dan Keller. (2009),Manajemen Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.
Kotler, philip and Amstorng, (2008), Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi ke 12. Jilid 1. Jakarta; Erlangga.
Sugiyono. (2007), Metode penelitian kuantitaitf kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Ghozali. Imam. (2007), Analisis Multivariate program SPSS. Cetakan empat. Badan penerbit Universitas diponegoro, Semarang
Kuncoro, murdrajat. (2006), “Ekonomi Pembangunan”. Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Tjiptono, Fandi Gregerius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarrta: ANDI