PENGARUH CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MERANGIN

Main Article Content

Lisa Marenti

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pencapaian hasil belajar siswa, dipengaruhi faktor cara belajar siswa ternyata siswa kelas VII SMP Negeri 2 Merangin cenderung belajar jika hanya akan ulangan, catatan mereka tidak lengkap, bahan pelajaran yang diberikan di sekolah tidak dipelajari lagi setelah sampai di rumah dan setiap diberikan tugas berupa latihan di rumah tentang soal-soal IPS jarang dikerjakan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Merangin. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode koleratif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP negeri 2 Merangin berjumlah 184 orang. Prosedur penentuan sampel menggunakan random sampling dengan mengambil 25% dari total populasi sehingga sampel penelitian berjumlah 46 orang. Teknik analisis data yang digunakan Uji Normalisasi dan untuk uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian bahwa besaran pengaruh variabel cara belajar -0,187 dengan nilai thitung sebesar -1,301, < dari pada ttabel  sebesar 1,679 atau -1,301 < 1,679 dengan signifikan atau probalitas 0,200 > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel cara belajar siswa (X) terhadap hasil belajar IPS (Y) kelas VII SMP Negeri 2 Merangin. Persamaan regresi cara belajar siswa dan hasil belajar IPS adalah Y = 86,464 + (-0,187) X. Sarannya bahwa agar lebih memberikan motivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan selain itu pihak sekolah agar lebih menyediakan fasilitas penunjang belajar.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arislan. 2006. Kumpulan Materi Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) YPM Bangko
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi,1994. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.
…………. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Bandung: Fokusmedia.
Zainul. Aswani. 2004. Tes dan Asesmen di SD. Jakarta : Gramedia