Persepsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Terhadap Pelaksanaan Kuliah Daring Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020

Main Article Content

Arista ratih

Abstract

Sejak Maret 2020, ditemukan kasus terkonfirmasi positif covid-19, bersamaan dengan waktu tersebut STKIP YPM baru memulai perkuliahan semester genap 2019/2020. Perkuliahan awalnya berlangsung tatap muka pada tanggal 9 Maret 2020, tetapi karena ada kasus konfirmasi positif covid 19 dua minggu setelah itu keluar peraturan bahwasanya perkuliahan dilaksanakan secara online atau daring (dalam jaringan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa stkip ypm dalam pembelajaran dalam jaringan (online). Penelitian ini termasuk kepada penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian  sesuai dengan fakta di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan online cukup positif, tetapi terkendala dijaringan dan terbatasnya kuota internet mahasiswa. Perkuliahan cukup efektif dilakukan karena memakai aplikasi zoom dengan video call secara langsung.

Article Details

Section
Articles

References

Bilfaqif, Yusuf dan M.Nur Komaruddin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Deepublish: Yogyakarta
Meiyanto,Sito.2019. Persepsi, Nilai, dan Sikap. Yagoyajarta: Manajemen Rumah Sakit
Marlisa, Grace. 2012. Penggunaan Metode Bercerita dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini.repository .upi.edu
Mulyasa.2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Siaifuddin,M.F.2016. E learning dalam Persepsi Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan